PT MM Berpartisipasi Aktif Dalam Gelar Pasukan Kesiagaan Pencegahan dan Penanggulangan Karhutla 2024

Bagikan Artikel Ini:

PT MM Berpartisipasi Aktif Dalam
Gelar Pasukan Kesiagaan Pencegahan dan Penanggulangan Karhutla 2024

Pelalawan – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) saat ini mengingatkan kemungkinan terjadinya lebih banyak kebakaran hutan dan lahan akibat musim kering.

Sejalan dengan hal tersebut maka sangat dibutuhkan peran aktif seluruh pemangku kepentingan, upaya-upaya pencegahan dan penanggulangan karhutla sudah diimplementasikan oleh pemerintah daerah dan dinas-dinas terkait di wilayah rawan kebakaran, bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan perkebunan swasta yang berada di wilayah tersebut, diantaranya PT Musim Mas, dan tentunya masyarakat setempat.

“Kita tahu bahwa dampak karhutla ini sangat luas, mulai dari ekonomi, sosial, hingga politik. Karena itu, idealnya pengelolaan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan tidak hanya dilakukan oleh pemerintah saja, namun juga melibatkan perusahaan, TNI, Polri, masyarakat, dan pemangku kepentingan lainnya,” ungkap Malinton Purba, SH Menager Humas PT MM, saat di jumpai awak media di Mapolres Pelalawan (27/7/2024) pagi.

Selain itu Humas PT MM itu menyatakan, sebagai salah satu perusahaan minyak sawit terintegrasi terbesar di dunia, Musim Mas sangat menekankan untuk tetap waspada dan siap menghadapi potensi risiko kebakaran hutan dan lahan dalam wilayah operasionalnya, serta seluruh rantai pasokannya.
Memahami pentingnya mendukung upaya yang dilakukan oleh pemerintah, maka Program Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Musim Mas yang terintegrasi, tidak saja disosialisasikan dan diimplementasikan bagi karyawan dan pekerja yang terlibat dalam operasional perusahaan, namun juga diperluas bagi para pemasok, masyarakat sekitar, hingga petani swadaya.

Baca Juga :  Polres Pelalawan Gelar Pasukan Kesiagaan Pencegahan dan Penanggulangan Karhutla 2024

Malinton juga menjelaskan “Industri kelapa sawit, termasuk Musim Mas, mengambil pelajaran dari insiden kebakaran dan kabut asap besar beberapa tahun kemarin. Kejadian tersebut  memotivasi kami untuk mengambil tindakan, dan meningkatkan kontribusi dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan melalui berbagai program dan kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan,” jelas Malinton Purba, S.H Manager Humas PT Musim Mas.

Untuk mengantisipasi karhutla, PT. Musim Mas selalu aktif melakukan pelatihan dan simulasi rutin yang diikuti oleh regu Pemadam Kebakaran Musim Mas, serta tim Masyarakat Bebas Api (MBA) terkait pencegahan dan  penanggulangan karhutla. Pelatihan ini melibatkan Manggala Agni, TNI, POLRI, Dinas Lingkungan Hidup, dan Dinas Perkebunan. Tim pemadam kebakaran Musim Mas yang disiapkan dan dilatih ini tidak hanya menanggulangi kebakaran di dalam konsesi, namun juga lokasi di luar konsesi dalam radius 3 (tiga) Km.

Baca Juga :  Warga Km 82 Segati Diterkam Harimau Hingga Kepalanya Hilang

Bagi masyarakat  di sekitar area perkebunan milik perusahaan, Musim Mas telah menerapkan Program Masyarakat Bebas Api (MBA). Program ini bermula dari kesadaran akan pentingnya mengubah perilaku masyarakat, atau mencari alternatif perilaku masyarakat untuk mengurangi ketergantungan penggunaan api dan turut melibatkan masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan karhutla.

“Kami menyadari bahwa peran aktif masyarakat sangat penting dan sangat dibutuhkan. Itu sebabnya kami, bekerja sama dengan pemerintah dan berbagai pemangku kepentingan lainnya, menyelenggarakan program yang melibatkan masyarakat, dengan harapan mereka dapat menjadi agen perubahan dalam pencegahan dan penanggulangan karhutla,” tambah Malinton Purba.

 

Editor: Aps

 

 

Komentari Artikel Ini